Kiat Sukses Budidaya Ikan Lele Dumbo



Budidaya Ikan Lele Dumbo

Budidaya ikan lele dumbo membutuhkan startegi khusus supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Cara ternak ikan lele yang betul harus mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya benih, kolam dan pakan. Ciri khas lele dumbo yaitu memiliki pertumbuhannya cepat dan ukuran yang lebih besar dibandingkan lele lokal. Budidaya ikan lele di kolam organik lebih dianjurkan karena merupakan habitat asli ikan lele.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo

Budidaya ikan lele dumbo memiliki peluang yang amat besar dikarenakan tingkat permintaan akan lele dumbo tiap tahun mengalami kenaikan, apalagi semakin menjamurnya rumah makan yang menggukan ikan lele dumbo sebagai menu utama mereka. Salah satu makanan khas Indonesia berbahan ikan lele yang penjualannya sangat tinggi yaitu pecel lele. Jika Anda sudah yakin dengan pilihan usaha budidaya ikan lele dumbo, mari kita lanjutkan ke proses cara budidayanya

Kelebihan dan Keuntungan Budidaya Ikan Lele Dumbo

  • Budidaya mudah dan proses pertumbuhan cepat
  • Kemampuan adaptasi lingkungan yang baik
  • Rasanya enak serta kandungan gizi yang cukup tinggi
  • Harga terjangkau sehingga mudah diterima masyarakat

Lele dumbo masuk dalam kategori ikan pemakan daging (karnivora), namun pada umur benih lebih bersifat omnivora. Untuk pemijahan, induk ikan sebaiknya berumur 2 tahun atau lebih dan dapat dikawinkan sepanjang tahun.

  • Ciri induk betina : tubuh lebih pendek, mempunyai dua buah lubang kelamin dengan bentuk bulat.
  • Ciri induk jantan : tubuh lebih panjang, hanya memiliki satu buah lubang kelamin yang bentuknya memanjang.

Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo

  • Proses Pembuatan kolam ikan

Kolam pemeliharaan dibuat dengan ukuran 7 x 5 meter dan kedalaman 1 meter. Setelah kolam tanah dibuat, keringkan selama 3 hari kemudian pada hari ke 4 taburkan kapur 100 gram per meter persegi, pupuk kandang 700 gram per meter persegi. Biarkan selama 3 hari tanpa air.

  • Proses Penebaran benih ikan

Benih ikan lele ditebar pada pagi hari dengan jumlah 400 ekor per meter persegi untuk bibit umur 1 bulan (ukuran 5 – 110 cm)

  • Proses Pemberian makanan tambahan

Benih lele yang sudah ditempatkan di kolam akan mendapat makanan alami yaitu hytoplankton dan zooplankton. Anda bisa memberi makanan tambahan berupa kotoran ayam, bangkai unggas yang dibakar atau sisa-sisa makanan di dapur yang dibuat adonan dan disebarkan ke kolam. Atau bisa juga tepung pelet sebanyak 0,75 gram per 1000 ekor bibit.

  • Beberapa penyakit lele dumbo

Penyakit yang sering menyerang ikan lele dumbo adalah Ichthyopthirius multifiliis atau bintik putih. Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan persiapan kolam budidaya yang baik, terutama pengeringan dan pengapuran.
Cara mengobati penyakit bisa dilakukan dengan menebarkan garam dapur sebanyak 200 gram per meter kubik setiap 10 hari berturut-turut.

  • Waktu panen ikan lele

Lele dumbo dapat dipanen pada umur 3 bulan terhitung sejak waktu penebaran benih ikan. Pertumbuhan badan berubah dari 10 gram menjadi 200 – 300 gram.

Begitulah artikel sipendik tentang Kiat Sukses Budidaya Ikan Lele Dumbo. Bisnis ini dapat Anda jadikan bisnis sampingan dengan permodalan yang minim. Disarankan untuk memperhatikan proses budidayanya mulai pemilihan anakan lele dumbo, kondisi kolam dan pelet untuk ikan lele dumbo. Demikian sharing ilmu yang bisa sipendik sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda. Salam Sukses